Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

Information System: From Something To Everything

Information System: From Something To Everything

Dalam perkembangan sistem komputer, pada awalnya komputer sebagai alat hitung seperti kata yang digunakan compute (menghitung). Dari Komputer pertama MARK-1 (1944), di lanjut ENIAC (1946), EDVAC (1952), EDSAC (1952) merupakan sistem komputer yang diberi program khusus yang ditulis dengan bahasa pemrograman Assembly untuk mengerjakan satu perintah secara langsung. Pada tahun 1953 komputer produksi IBM muncul seperti IBM-701, kemudian disusul oleh IBM-655 (1954) sudah memiliki fungsi dasar sistem operasi misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS, keduanya merupakan bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi. Semenjak itu perkembangan sistem operasi sangat pesat yakni Windows dengan IBM dan Macintosh dengan Apple. Dengan adanya sistem operasi dapat menghubungkan pengguna dengan perangkat keras sistem komputer.  Sistem operasi merupakan perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer menjalankan program booting. Sistem operasi bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan aplikasi yang sekarang dikenal Apps.

Dimana letak kedudukan Sistem Informasi? Sistem Informasi merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang  membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi. Sistem informasi memiliki komponen perangkat lunak, perangkat keras, pengguna, data. Fokus utama sistem informasi pada saat itu adalah untuk melakukan otomatisasi proses bisnis yang berjalan pada organisasi dengan menyimpan dan mengakses data untuk diolah agar menghasilkan informasi serta mendistribusikannya. Sehingga pengguna kebanyakan hanya organisasi yang mempunya proses bisnis yang komplek. Dalam kedudukan sistem informasi pada sistem komputer terletak pada pengolah data untuk menghasilkan informasi. Meskipun terdapat komponen perangkat keras, hanya digunakan sebagai input, proses dan output dalam menghasilkan informasi. Tarafnya dibawah sistem operasi dimana perangkat lunak mengontrol mengorganisir perangkat keras seutuhnya.

Terus Sistem informasi dimana? Sistem informasi masuk dalam kategori aplikasi. Jadi sistem informasi dalam awal perkembangan sistem komputer hanya sesuatuuntuk membantu proses bisnis di sebuah organisasi, semua orang belum tentu memilikinya. Namun sekarang sistem informasi yang kita kenal dengan kata APPS sudah banyak digunakan banyak orang hingga segalanya menggunakannya. Baik di desktop, web, bahkan smartphone terdapat Apps.

PRODI SISTEM INFORMASI adalah Program Studi yang mempelajari Pemanfaatan Komputer (hardware & software) untuk memecahkan masalah-masalah bisnis dan mendukung tujuan Bisnis

program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer[1]. Bahasa pemrograman adalah suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik untuk menulis program, yang merupakan spesifikasi dari suatu komputasi atau algoritma[2]. Sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer[3]. Perangkat lunak, adalah istilah umum yang mengacu pada kumpulan data atau instruksi komputer yang memberi tahu komputer cara bekerja, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk melakukan sekelompok fungsi, tugas, atau kegiatan terkoordinasi untuk kepentingan pengguna[4]. Perangkat keras adalah bagian fisik atau komponen komputer, seperti unit pengolah pusat, monitor, keyboard, penyimpanan data komputer, kartu grafis, kartu suara, speaker, dan motherboard[5].

[1] Stair, Ralph M.; et al. (2003). Principles of Information Systems, Sixth Edition. Thomson Learning, Inc. hlm. 132. ISBN 0-619-06489-7.

[2] Aaby, Anthony (2004). Introduction to Programming Languages. Archived from the original on 8 November 2012.

[3] Stallings (2005). Operating Systems, Internals and Design Principles. Pearson: Prentice Hall. hlm. 6.

[4] Application software”. PC Magazine. Ziff Davis.

[5] “Parts of computer”. Microsoft. Archived from the original on 27 November 2013.