Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

Pengenalan Program Studi Ilmu Sistem Informasi Mahasiswa/i Baru 2018

Pengenalan Program Studi Ilmu Sistem Informasi Mahasiswa/i Baru 2018

Pesona Rangkaian Masa Ta’aruf (PERMATA 2018) merupakan  kegiatan orientasi mahasiswa baru. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa baru 2018 mengenai seputar dunia kampus, kegiatan akademik, dosen dan seluruh sivitas akademia Universitas Alma Ata. Kegiatan dilaksanakan selama empat (4) hari, terhitung dari tanggal 10-14 September 2018.

Salah satu kegiatan penting PERMATA 2018 yang diikuti mahasiswa baru Program Studi Ilmu Sistem Informasi adalah pengenalan prodi. Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Yanuar Wicaksono, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Program Studi Ilmu Sistem Informasi. Beliau menjelaskan bahwa konsentrasi Ilmu Sistem Informasi Universitas Alma Ata terdiri dari dua (2) konsentrasi, yaitu inteligen bisnis dan sistem informasi strategis. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi intelijen bisnis mampu mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Sementara mahasiswa yang mengambil kosentrasi sistem informasi strategis mampu mengoptimasisasi sistem informasi yang ada agar dapat bersaing dalam mencapai keunggulan kompetitif. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan profil lulusan program studi Ilmu Sistem Informasi Universitas Alma Ata. Berikut ini profil lulusan program studi Ilmu Sistem Informasi Universitas Alma Ata:

1 Business Process Analyst Orang yang Muttaqien dan mempunyai kemampuan untuk menyelaraskan teknologi informasi dalam:

a.       Memahami kebutuhan bisnis dalam sebuah organisasi;

b.       Menemukan isu penting dalam organisasi;

c.       Menemukan kekuatan dan kelemahan organisasi dan saran perbaikannya;

d.       Melihat dan memeperbaiki kebutuhan organisasi;

e.       Mengidentifikasi proses bisnis organisasi.

2 Database Analyst Orang yang Muttaqien dan mempunyai kemampuan melakukan analisis basis data yang digunakan untuk teknologi informasi dan sebagai penunjang visi misi organisasi.
3 E-Business Analyst Orang yang Muttaqien dan mempunyai kemampuan dalam bidang arsitektur enterprise, strategi manajemen dan rekayasa sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini.
4 Data Analyst Orang yang Muttaqien dan mempunyai kemampuan dalam untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini.

Pengenalan prodi dalam acara PERMATA 2018 diharapkan mampu memberikan gambaran secara general tentang program studi Ilmu Sistem Informasi, terutama peluang kerja dan karir di masa yang akan datang. Akhir kata,  Ketua Program Studi Ilmu Sistem Informasi beserta jajaran dosen mengucapkan selamat bergabung di Program Studi Ilmu Sistem Informasi. Semoga menjadi jalan terbukanya kesuksesan dan menjadi profesional IT di bidang Intelijen bisnis dan Sistem Informasi Strategis mampu bersaing di pasar kerja ASEAN, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia sebagaimana visi program studi Ilmu Sistem Informasi.