Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

SERTIFIKASI BIDANG INFORMATIKA

SERTIFIKASI BIDANG INFORMATIKA

Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat pesat. Hal ini berimbas pada kebutuhan SDM TIK yang berkualitas, professional, dan mempunyai daya saing di pasar kerja tingkat nasional maupun internasional. Profesionalitas harus diuji dengan standar yang baku. Selain praktik, bukti kualitas juga ditunjukkan dengan sertifikasi profesional yang diakui oleh lembaga resmi baik dalam negeri maupun luar negeri. Ditingkat nasional, sertifikasi yang “qualified” adalah yang kurikulum programnya menggunakan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Beberapa lembaga sertifikasi resmi di bidang informatika yang ada di Indonesia antara lain LSP TIK, LSP Telematika, dan LSP Komputer menyelenggarakan program sertifikasi tersebut.

Sedangkan sertifikasi internasional tergantung pada jenis sertifikasinya. Misalnya, sertifikasi keahlian aplikasi dari Microsoft maka yang resmi adalah sertifikasi dari perusahaan Microsoft. Sertifikasi jaringan mikrotik yang mengeluarkan adalah dari perusahaan Mikrotik, sertifikasi jaringan cisco dari Cisco Networking, sertifikasi oracle dari Oracle, dan lain sebagainya. Masih banyak sertifikasi internsional lainnya, yang perlu diperhatikan adalah sertifikasi internasional biasanya diselenggarakan oleh lembaga atau perusahaan resmi. Misalnya, sertifikasi Certified Information Systems Auditor (CISA) dikeluarkan oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA).

Teknik informatika universitas alma ata (UAA) mempunyai program untuk membekali lulusannya dengan sertifikasi dengan standar SKKNI. Mahasiswa dipersiapkan melalui program- program pelatihan sehingga mampu menunjang keberhasilan mereka memperoleh sertifikasi bidang informatika. Program pelatihan diberikan pada mahasiswa tingkat akhir. Diharapkan, sebelum menyelesaikan tugas akhir (TA), mereka sudah lolos sertifikasi bidang informatika.