Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

Kurikulum Prodi SI Mendukung Pengembangan Smart City

Kurikulum Prodi SI Mendukung Pengembangan Smart City

Di Indonesia sedang buming SmartCity, 100 smartcity, 25 tahun 2017, 50 tahun 2018, selebihnya tahun depan.

Istilah yang bumming dari dunia barat dibawa ke Indonesia, jika diartikan secara tata Bahasa menjadi KOTA CERDAS. Secerdas apakah kota itu bisa disebut KOTA CERDAS? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) cerdas memiliki arti sempurna perkembangan akal budinya dan tajam pikiran. Kalaupun orang cerdas dikaitkan dengan orang yang bisa berimprovisasi dan lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu konsep kota cerdas dirancang untuk sebuah kota yang dapat berimprovisasi dan lebih berkreatif dalam membantu berbagai hal kegiatan masyarakat di kota tersebut dalam mendapatkan kemudahan mengakses INFORMASI sehingga pelayanan publik dapat meningkat, efisien, dan efektif.

Sebuah kota harus bisa mengetahui keadaan kota dan memahami permasalahan lebih mendalam, sehingga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Jadi Smart City adalah kota yang dapat mengelola Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya termasuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional dalam memberikan pelayanan dan solusi paling cepat dan akurat kepada warganya. Kenapa Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi penting dalam pengembangan Smart City, karena tidak bisa dipungkiri digitalisasi tidak bisa lepas disegala lini termasuk di pemerintahan.

Komponen Smart City ini terdiri dari: smart economy, smart people, smart governance, smart government, smart mobility, smart environment, dan smart living. Prodi Sistem Informasi Universitas Alma Ata siap ikut andil untuk menyukseskan program Smart City yang telah dicanangkan oleh kementrian Kominfo. Beberapa mata kuliah dalam kurikulum Prodi SI memperkenalkan, membahas perkembangan, merancang smart city kepada mahasiswa. Dengan memberikan pengetahuan smart city kepada mahasiswa diharapkan lulusan Prodi Sistem Informasi Universitas Alma Ata bisa berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa sesuai dengan VISI Prodi SI.

“Pada tahun 2035, Program Studi Ilmu Sistem Informasi UAA menjadi program studi yang unggul, mandiri di bidang Intelijen Bisnis dan Sistem Informasi Strategis mampu bersaing di pasar kerja ASEAN, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.”