Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

Peluang dan Tantangan Menghadapi Transformasi Digital

Peluang dan Tantangan Menghadapi Transformasi Digital

Menghadapi revolusi industri 4.0, transformasi digital adalah suatu keharusan untuk melakukan perubahan atau akan tertinggal tergilas jaman. Sebenarnya apakah transformasi digital itu? Apakah jika sudah menggunakan komputer bisa disebut sudah melakukan transformasi digital?

Transformasi Digital merupakan bagian proses dari teknologi yang tinggi, yang mana juga merupakan perubahan yang berkaitan dengan penerapannya pada seluruh aspek kehidupan yang terdapat dalam masyarakat. Dan pada akhirnya Digital Transformation merupakan penggambaran secara total atau secara keseluruhan efek digitalisasi dalam masyarakat.

Saat ini transformasi digital sudah mulai terasa dan semakin banyak yang mengaplikasikannya, dimulai dari pembangunan Infrastruktur TIK yang gencar dan menggunakan teknologi baru, kemudian disusul Teknologi Digital yang ada seperti Internet of Things, Big Data, Artificial Intelligent, Cloud Computing dan lainnya. Sehingga muncullah digitalisasi disemua lini kemudian bagaimana peluang dan tantangannya?

Program studi sistem informasi melihat ini tentunya sebagai peluang yang besar dan menguntungkan, karena akan membuka banyak peluang kerja di berbagai bidang yang kaitannya dengan data. Bisa juga untuk membuka lapangan kerja dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada dibuat serba digital dengan mencontoh pendahulunya semisal Gojek, Bukalapak dan lainnya.

Dibalik peluang tersebut, tentu saja pasti ada tantangan dan yang paling terasa adalah untuk mengatasi keinginan pelanggan, bagaimana mewujudkan kepuasan yang maksimal bagi pelanggan yang bersifat untuk minta serba cepat, instan dan hasil maksimal sesuai keinginan mereka.