Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Alma Ata

Seberapa Penting Tugas Analis Proses Bisnis ?

Seberapa Penting Tugas Analis Proses Bisnis ?

Bila sekumpulan orang membetuk perserikatan dan mempunyai tujuan yang sama, dalam ilmu sosial disebut oraganisasi. Pada dasarnya, Organisasi sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi

Berbagai macam aktivitas dan tujuan organisasi yang menentukan jenis dari organisasi diantaranya organisasi politik, organisasi sosial, organisasi mahasiswa, organisasi olahraga, organisasi sekolah, organisasi negara, organisasi pemuda, organisasi agama, organisasi bisnis dan sebagainya.

Anggota organisasi mulai mengkoordinasikan tindakannya untuk dapat melakukan tugas dalam mencapai tujuan organisasi. Lambat laun tugas-tugas tersebut menjadi kompleks dan tidak dapat dikerjakan sendiri. Koordinasi tindakan tidak atas inisiatif sendiri tetapi banyak diawali atas permintaan, sehingga fokusnya beralih pada untuk memenuhi permintaan dengan melakukan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kompleksitas tugas yang berkembang berkembang berdampak dengan penambahan jumlah anggota. Keadaan tersebut menjadikan tidak mungkin lagi setiap anggota melakukan setiap tugas terlalu kompleks sehingga setiap anggota harus memiliki spesialisasi. Perkembangan sebuah organisai dengan mengambil langkah logisnya adalah membentuk unit kerja yang terdiri dari individu-individu dengan keahlian yang serupa.

Pembentukan unit kerja dalam organisasi menjadi lebih aman, setiap anggota tahu dimana mereka harus bekerja dan tugas apa yang harus dikerjakan. Unit Kerja seperti ini sebetulnya menimbulkan permasalahan “Fungsional Silos” yang cenderung hanya memikirkan kepentingannya saja sehingga sering menimbulkan masalah antar unit kerja. Seorang aktor dalam unit kerja menganggap tempat kerjanya hanya seluas unit kerjanya saja. Kolaborasi antar unit kerja sering menimbulkan gesekan yang tak pelik menimbulkan perpecahan dalam organisasi.

Saat ini telah terjadi perubahan dari memandang sebuah perusahaan sebagai beberapa unit kerja menjadi fokus pada proses bisnis yang dilakukan. Proses merupakan sebuah rangkaian logis transaksi terkait yang mengubah input menjadi hasil atau output. Bisnis dapat diartikan mencari/mendapatkan keuntungan. Tetapi untuk proses bisnis yang dimaksud bukan hanya pada organisasi bisnis saja tetapi secara umum untuk organisasi. Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan output (produk atau layanan) yang bermanfaat demi meraih tujuan organisasi.

Kajian yang dilakukan untuk mengetahui urutan pelaksanaan dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan berbagai sumber daya disebut Analisa Proses Bisnis. Analisa Proses Bisnis sendiri dikalangan Akademi atau di dunia industri khususnya jurusan sistem informasi sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya analisa proses bisnis bisa menentukan kebutuhan apa saja yang diperlukan pada sebuah organisasi. Biasanya melakukan atau mendata proses yang berjalan (sistem berjalan), kemudian memberikan usulan (sistem yang diusulkan biasanya berbentuk program yang terkomputerisasi). Cara untuk menganalisa proses bisnis diantaranya Understanding the As IS System dimana sistem saat ini (current) yang belum atau sudah terkomputerisasi. To-be system: Sistem baru hasil perbaikan, sesuai kebutuhan.

Program Studi Ilmu Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Alma Ata mampu mencetak seorang Analis Proses Bisnis yang siap kerja memenuhi kebutuhan perusahaan ataupun instansi pada industri